Gnome-Shell

| Coment

Gnome adalah lingkungan Desktop dan antar muka grafik yang sudah familiar untuk Linuxer (Linuex Geek / Linux Mania). Sejak dimulainya pengembangan proyek gnome tahun 1997 oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena sebagai proyek OpenSource untuk mengembangkan lingkungan Desktop dan aplikasinya saat itu. Developer Gnome selalu melakukan pengembangan yang semakin 'Gila' setiap waktu. Gnome-Shell adalah pngembangan yang membuat saya kagum dengan tampilan yang simpel dan elegan. Perlu di ketahui Gnome-Shell bukanlah Desktop Environment seperti halnya Gnome2,Gnome3,KDE,dan lain sebagainya. Gnome-Shell juga bukan Window Manager melainkan hanya sebuah interface utama dari Gnome (mulai Gnome3). 
Gnome-Shell menggunakan Shell sebagai Window Manager , ini yang membuat Gnome-Shell serasa begitu 'ringan' ketika digunakan. Gnome-Shell tidak dapat menampilkan efek 3D compiz yang begitu 'menyayat' mata layaknya Gnome2, hal ini dikarenakan Gnome-Shell menggunakan Window Manager yang bernama Muter. Shell adalah perangkat lunak yang menjadi bagian interface pada sebuah sistem operasi. Elemen dari sebuah shell meliputi panel, launcher, taskbar, sistem notifikasi, menubar, dock, sidebar dan lainnya yang biasanya nampak pada desktop.
Sekarang bagimana cara install serta konfigurasi Gnome-Shell di linux ubuntu 10.04 yang decara default telah menggunakan Gnome2 sebagai desktop utama ? Silahkan baca post selanjutnya 


contoh gnome shell : 


Arch



Ubuntu
Share this article :
 
Copyright © 2011. Linux & OpenSource - All Rights Reserved
Support : NdamarKangingan | The Braders | Mas Template