Sejarah Open Source Software

| Coment

Open source ada dimana-mana di pasar perangkat lunak saat ini. Kebanyakan perusahaan besar menggunakan setidaknya beberapa open source untuk menjalankan bisnis mereka, dan kecenderungan mereka untuk melakukannya hanya meningkat sebagai tahun-tahun yang berjalan. Pelajari berapa lama konsep open source ini dan melihat dimana masa depan yang cerah adalah dipimpin.

Pada tahun 1955, SHARE (Berbagi) didirikan sebagai cara bagi pengguna IBM untuk menganalisis dan membahas pemrograman OS yang penting bagi mereka.

Selama beberapa dekade berikutnya, sumber berbagi menjadi praktek jauh lebih umum. Universitas teknologi besar seperti MIT, serta laboratorium riset besar, berharap bahwa berbagi kode akan menciptakan lingkungan belajar terpadu untuk bidang tumbuh teknologi perangkat lunak.

Bell Laboratories kemudian dikembangkan UNIX, yang ditawarkan secara gratis di kampus-kampus dan di pusat-pusat penelitian.

Keluar dari UNIX datang Usenet, hubungan antara UNIX dan programer yang merevolusi kode.

Antara 1979 dan 1982, hanya tiga tahun yang singkat, jumlah situs menggunakan UNIX melonjak dari hanya 3 sampai sekitar 400!

Software Licensing
Pada 1983, konsep lisensi perangkat lunak datang, dan tak lama kemudian datang perangkat lunak GNU. Kondisi penggunaan untuk GNU adalah bahwa semua kode sumber harus terbuka dan berbagi.

Linux dikembangkan pada tahun 1991, dan oleh 1994 pengguna cukup dan kode programmer telah berkontribusi proyek yang ditingkatkan Linux 1.0 dirilis.

Ia tidak sampai tahun 1998 bahwa "open source" istilah benar-benar diciptakan - Netscape membuka kode pada tahun itu, dan berganti nama KTT Freeware Summit Open Source.

Windows
Pada tahun 2010, pendapatan hardware Windows 'naik 33,6%, pendapatan server Linux naik 20,4% dan pendapatan server Unix adalah turun 29%.

server x86 telah mendominasi pasar dalam beberapa tahun terakhir non-x86 server telah turun 25,9% tahun / tahun, membuat Q1 2010 kuartal keempat berturut-turut menurun untuk non-x86 server.

Windows memiliki hanya 36,1% dari pangsa pasar, namun 48,5% dari pangsa pendapatan. akan tetapi, 46,5% pengembang menggunakan setidaknya beberapa open source, sementara 22,3% sudah menggunakan open source dalam aplikasi standar di bisnis mereka.

UNIX
UNIX dan program-program seperti itu membuat 63,9% dari pangsa pasar, dan Apache adalah 65,18% pemimpin dengan pangsa pasar yang tersedia untuk dirinya sendiri.

Microsoft membuat hingga 15,86%, 7,67% Nginx, Google 3,68% dan 7,61% ke pengembang lain.

Pada tahun 2016, open source diharapkan akan hadir dalam 99% dari portofolio perangkat lunak penting bagi perusahaan-perusahaan besar. Itu naik 24% dari 2010. Jika Anda masih dalam penyangkalan tentang kegunaan atau keandalan dari open source, tanyakan rekan (opensource) Anda - mereka akan meyakinkan Anda itu tumbuh begitu cepat karena suatu alasan.

Infograpich :
Share this article :
 
Copyright © 2011. Linux & OpenSource - All Rights Reserved
Support : NdamarKangingan | The Braders | Mas Template