How to Install Xampp / Lampp on Linux

| Coment


sudah begitu lama tak ku jamah blog ini. Banyak alasan yang yang tak bisa turut aku tulis disini. Baiklah mari kita kembali menulis, menulis apapun yang mungkin bermanfaat untuk orang lain meskipun itu hal kecil layaknya secangkir kopi, sedikit tapi memberi semangat.



Kali ini kita coba memasang XAMPP dalam linux. it's simple way. Kita perlu download dahulu xammp untuk linux di website resmi Apache atau bisa langsung klik disini. File yang akan kita dapatkan berupa file archive "tar.gz" seperti halny "rar" ataupun "zip" maka kita perlu untuk melakukan extract file tersebut. Untuk yang menggunakan ubuntu bisa dengan klik kanan kemudian extract here. Sedangkan untuk penikmat layar hitam bisa langsung melakukan beberapa kali ketukan dan sekali enter dengan perintah : 
tar xvzf xammp-linux-1.8.1.tar.gz

kemudian lihat pada lokasi extract akan keluar folder dengan nama "lampp". Anggap saja folder lampp ini berada pada directory /home masing-masing. Kemudian berikan hak akses user pada directory lampp dengan perintah : 
sudo chown namauser:root lampp

Agar semua file lampp dapat dieksekusi oleh user berikan perintah seperti berikut : 
sudo chmod a+x lampp

setelah itu copy directory lammp ke directory /opt dengan perintah : 
sudo cp -r lampp/ /opt

untuk menjalakan lampp dengan cara memberikan ketukan pada terminal kesayangan kalian seperti berikut : 
sudo /opt/lampp/lampp start

untuk kalian yang tidak ingin ribet dalam memberikan ketukan untuk mengaktifkan lammp, silahkan baca thread berikut ini. semoga membantu. 
salam opensource [pocil]
Share this article :
 
Copyright © 2011. Linux & OpenSource - All Rights Reserved
Support : NdamarKangingan | The Braders | Mas Template