[Split] Join File Part on Linux

| Coment

[Pocil] Saya berusaha mencari aplikasi opensource yang dapat menggantikan beberapa pekerjaan saya yang kebanyakan orang menggunakan aplikasi yang berjalan pada sistem operasi berbayar. Beberapa orang selalu bertanya "Aplikasi apa yang dapat menggabungkan file part di linux ?". Ini adalah pertanyaan saya ketika saya baru belajar menggunakan linux. Dan ternyata linux mempunyai Shell yang dapat melakukan beberapa perintah yang saya inginkan. Hanya dengan perintah pada Shell ini saya dapat menggabungkan file part menjadi satu. Berikut saya berikan contoh untuk menggabungkan file part menjadi satu.

Perintah dasar adalah menggunakan perintah 'cat' dengan kombinasi sebagai berikut :

cat filepart.001 filepart.002 filepart.003 > filepart.mkv

atau dapat juga seperti berikut :

cat filepart* > filepart.mkv

lihat pada gambar berikut :

pada perintah pertama saya menggunakan perintah :
$ ls -al Love*
Ini adalah perintah list all file yang berawalan dengan kata ''Love". Maka output adalah dua file part Love+Rain+-+E15+_360p__eber_.mkv.001 dan Love+Rain+-+E15+_360p__eber_.mkv.002. File part ini akan saya gabungkan menjadi satu file video.mkv dengan perintah :
$ cat Love+Rain+-+E15+_360p__eber_.mkv.00* > Love+Rain+-+E15+_360p__eber_.mkv

kemudian saya list dengan perintah awal dan hasilnya saya punya file gabungan dengan warna ungu seperti pada gambar di atas.

Mudah sekali kan! Linux is simple. Jadi jangan perna ragu menggunakan linux. [Pocil]

Share this article :
 
Copyright © 2011. Linux & OpenSource - All Rights Reserved
Support : NdamarKangingan | The Braders | Mas Template