Apa itu Array ?

| Coment

Array adalah sebuah kumpulan data yang terdiri dari tipe data yang sama. Setiap nilai yang berada di dalam array disebut dengan element, apapun tipe datanya. Nomor-nomor data yang menunjuk pada element array disebut subscript atau offset.

Array dapat digambarkan sebagai sebuah rak dengan ukuran yang sama dan untuk menyimpan barang-barang yang sejenis (bertipe sama). Misalkan rak untuk menyimpan jenis-jenis baju. Perhatikan gambar di bawah ini :

Rak di atas bernama baju, terdiri dari 4 rak yang diberi nomor 0 s.d. 3 dan rak tersebut diisi dengan jenis-jenis baju untuk keperluan tertentu. Dalam contoh di atas ada 4 jenis baju, yaitu pesta,tidur,santai, dan olahraga sehingga dapat disebut rak baju mempunyai 4 element. Apabila kita memerintahkan komputer untuk mengambil baju tidur, maka akan dituliskan :

tipe_data baju[2]; //menunjuk pada rak ketiga

Syntax array adalah sebagai berikut :

tipe_data nama_array[jml_element];

Kita dapat mengakses elemen-elemen array dengan menunjuk kepada nomor elemen array. Nomor offset elemen array dimulai dari nol sehingga elemen array yang pertama adalah :

namaArray[0];

Sebagai pegangan kita tentang penomoran array dengan elemennya, maka dimisalkan sebuah array cobaArray[n] pasti mempunyai n elemen yang dinomori dengan cobaArray[0], cobaArray[1], sampai dengan cobaArray[n-1]. Ada programmer yang menganggap bahwa cobaArray[0] merupakan elemen array ke nol. Hal ini bukan merupakan hal yang baik, karena jika cobaArray[0] merupakan elemen ke nol, maka cobaArray[14] merupakan elemen ke-14. Apakah demikian ? Coba kita amati rumus di atas, bukankah sebenarnya cobaArray[14] merupakan elemen ke-15 dari array cobaArray. Oleh karena itu, lebih baik jika kita dari awal menyebut bahwa cobaArray[0] merupakan elemen pertama dan nomor offset-nya nol.

perhatikan source code berikut sebagai contoh program.



Hasil dari source di atas ketika dijalankan sebagai berikut :


Ikuti posting programing selanjutnya, saya berterima kasih jika pembaca turut berkontribusi dengan menyertakan komentar jika ada kekurangan pada post ini.
Share this article :
 
Copyright © 2011. Linux & OpenSource - All Rights Reserved
Support : NdamarKangingan | The Braders | Mas Template